Friday, February 8, 2019

Air Mata Pelunak Hati



Allah SWT berfirman :
“Kemudian hati-hati mereka menjadi keras setelah itu, maka ia pun laksana batu, atau bahkan lebih keras lagi [ketimbang batu]. Padahal, sesungguhnya di antara batu-batu itu ada yang mengalirkan sungai-sungai darinya. Sungguh, di antaranya juga ada yang terbelah, lalu keluarlah mata air darinya. Sungguh, di antaranya juga ada yang meluncur jatuh, karena takut kepada Allah. Sesungguhnya Allah sekali-kali tidak lengah terhadap apa saja yang kamu kerjakan.” [Q.s. al-Baqarah: 74]
MENANGIS ? Pernahkah anda menangis kepada orang yang anda sayangi , kasihi atau yang anda takuti. Kepada teman , keluarga , Bahkan Kepada Allah? Apakah pernah terlintas di benak kalian untuk menangis ? karna kesalahan atau dosa – dosa yang telah anda perbuat ?
Menangis adalah suatu hal yang sering disepelekan banyak orang saat ini, mereka menganggap menangis itu suatu hal yang kekanakan , lebay ,sesuatu yang lemah dan memnanggap laki-laki itu tidak boleh menangis untuk hal apapun , Padahal menjatuhkan air mata sangat lah di anjurkan untuk semua orang laki-laki maupun perempuan , karna terdapat banyak manfaat tersendiri.
Di zaman yang sedahg di jajah dunia elektronik dan budaya asing ini, menangis menjadi suatu hal yang sangat di rendahkan bahkan kepada Tuhan Yang telah Menciptakan ,Yang akhirnya mereka terlena akan pancaran sinar dunia yang menyilaukan , terus mengutamakan dunia yang di ikuti hawa nafsu , Lupa akan sang Kholik , enggan dan melalaikan akan Ibadah KepadaNya. Sesungguhnya saat seperti ini kita harus berhati – hati akan hukuman yang paling berat yang Allah berikan kepada kita , Ujian yang berat yaitu mengeras nya hati.
Ketika Hati kita keras kita akan sulit menerima suatu hal yang baik, kita akan sulit diceramahi , bersikukuh akan hawa nafsu sendiri , opini sendiri , sulit untuk di arahkan ke jalan yang benar , banyak angan-angan akan dunia , tamak , ria dan sulit untuk untuk Meneteskan air mata.

Lalu apa saja hal yang membuat hati kita menjadi keras ?

1.BICARA DAN TERTAWA DENGAN KERAS
Allah Ta’ala berfirman,
وَاقْصِدْ فِي مَشْيِكَ وَاغْضُضْ مِنْ صَوْتِكَ إِنَّ أَنْكَرَ الْأَصْوَاتِ لَصَوْتُ الْحَمِيرِ
“Dan sederhanalah kamu dalam berjalan dan lunakkanlah suaramu. Sesungguhnya seburuk-buruk suara ialah suara keledai.” (QS. Lukman: 19).
Tertawa sebenarnya bukanlah suatu perkara yang dilarang , Bahkan Rasulullah SAW sendiri pernah tertawa , Tapi tidak dengan keras atau terbahak-bahak.
Terlalu banyak tertawa , tertawa dengan keras ataupun bicara dengan keras sejatinya itu dapat mematikan atau mengeraskan hati , kita akan menjadi sulit untuk menangis  .
Rasulullah saw bersabda, “Banyak tertawa itu mematikan hati,” (HR. Ahmad)..
Tentunya Jika kita ingin Melunakan Hati dan ingin bias menangis karna Allah , kita kita harus mengurangi hal tersebut.

2. Terlalu Banyak Makan
Banyak makan sendiri menjadi salah satu nya , karna dengan banyak makan berarti kita menuruti hawa nafsu dan jika perut kita sudah sangat kenyang , kita akan menjadi malas untuk melakukan sesuatu , ibadah , disuruh orang , diberitahu orang . Karna nya di anjurkan Untuk kita puasa yang sunnah maupun yang wajib.

3. Teman Gaul Yang Salah
Beberapa ulama salaf berkata, “Kerasnya hati karena empat hal: melampui batas; makan, tidur, bicara, pergaulan.”
Kita sering mendengar Jika kita bergaul dengan Tukang Minyak wangi , maka kita akan ikut wangi dan jika kita kita bergaul dengan Tukang sampah Maka kita akan ikut bau sampah.
Sekecil-kecilnya kita pasti akan melakukan hal yang salah jika kita bergaul dengan orang yang salah , kita sendiri pasti akan ikut-ikutan terjerumus kedalam lubang hitam yang ahirnya secara perlahan kita Melupakan Sang Kholik , Fanatik akan dunia dan hati kita menjadi keras.
Lalu kita sebagai Muslim sendiri apakah kita mau hati kita menjadi keras ? Melupakan Sang Maha Kuasa , fanatic akan dunia , hidup mengikuti hawa Nafsu , Banyak bicara , tertawa dan Makan.
Bahkan yang sangat di sayangkan untuk orang-orang saat ini , mereka bisa menjatuhkan air mata karna menonton sebuah film drama(sebuah sandiwara) beramai-ramai , ketimbang menangis karna mendengar Ayat-Ayat Allah SWT dan yang berhubungan dengan agama,  dimanakah keimanan kita ? Apakah kita tidak Malu , kita lebih bisa menangis pada suatu sandiwara , berpura-pura atau tidak nyata . dan tidak bisa menangis karna Allah ,bagaimana diri kita bisa bangga menjadi seorang muslim, jika kita tidak pernah merasa sedikitpun akan takut Kepada Allah SWt.

Nabi bersabda :
Sesungguhnya seorang Mukmin itu melihat dosa-dosanya seolah-olah dia berada di kaki sebuah gunung, dia khawatir gunung itu akan menimpanya.Sebaliknya, orang yang durhaka melihat dosa-dosanya seperti seekor lalat yang hinggap di atas hidungnya, dia mengusirnya dengan tangannya –begini–, maka lalat itu terbang
Maka dari itu sebagai seorang Muslim sebaiknya Kita menjauhi hal-hal yang dapat membuat hati kita menjadi keras , dan lebih untuk sering menyadari , minta ampun akan kesalahan-kesalahan yang kita telah perbuat , lebih mendekatkan diri padanya , dan bisa mencurahkan Air mata Untuk Hal yang benar..agar hati kita menjadi Lunak ,  “Padahal, sesungguhnya di antara batu-batu itu ada yang mengalirkan sungai-sungai darinya, Sungguh, di antaranya juga ada yang terbelah, lalu keluarlah mata air darinya. Sungguh, di antaranya juga ada yang meluncur jatuh, karena takut kepada Allah”.


BUKU :
Al Qur”an, Hadits
AIR MATA PEMBACA AL-QUR”AN (MUHAMMAD SYAUMAN ARRAMLI)
TANGISAN LANGIT (IMAM SIBAWAIH EL HASANY)
MENGERASKAN HATI /HARDNESS OF HEART (ANDREW WOMMACK)

No comments:

Post a Comment